Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Lingkup BBPSIP
Tanjungpinang, 15 Mei 2024 – Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) menggelar Rapat Penguatan Kualitas Pelayanan Publik yang dihadiri oleh seluruh Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian se-Indonesia. Tujuan pelaksanaan rapat untuk saling memberikan informasi dan pengalaman dari UPT yang telah menerima predikat informatif kepada seluruh UPT lainnya untuk dapat dijadikan inspirasi dan penguatan. Hadir Kepala BSIP Kepulauan Riau, Dr. Ruslan Boy, S.P., M.Si., bersama dengan Tim Manajemen serta Tim PPID BSIP Kepri secara virtual.
Rapat dibuka oleh Kepala BBPSIP, Dr. Ir. Syamsuddin, M.Sc., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan BBPSIP untuk mendukung kinerja yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. "Kita harus terus melakukan peningkatan kinerja dengan cara menginformasikan kepada masyarakat kegiatan yang telah dilakukan oleh setiap Satuan Kerja (Satker), hal tersebut juga harus didukung dengan evidence seperti foto kegiatan maupun laporan" ujar Dr. Syamsuddin.
Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang telah memiliki banyak pengalaman, diantaranya Ume Humaedah, S.P., M.Si, memaparkan Eksisting Pengelolaan Informasi Publik lingkup BBPSIP, Dr. Shannora Yuliasari, S.TP., M.P. selaku Kepala BSIP Riau, strategi BSIP Riau dalam meraih predikat “informatif” dalam pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik T.A. 2023, dilanjutkan pemaparan materi mengenai Strategi Meningkatkan Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik menuju “informatif” oleh Biro Humas dan IP Kementan.
Kehadiran Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr, Ph.D, menjadi momen penting dalam rapat tersebut. Beliau memberikan perspektif yang menyempurnakan materi-materi yang telah disampaikan sebelumnya. Dalam paparannya, Beliau berbagi mengenai strategi praktis untuk meningkatkan pelayanan dan keterbukaan informasi publik.
Acara rapat ini berlangsung dengan penuh semangat dan interaksi yang aktif dari para peserta, baik yang hadir langsung di Bogor maupun yang bergabung secara virtual. Diskusi dan tanya jawab yang dinamis menandai komitmen bersama untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan publik lingkup BBPSIP.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan BBPSIP dapat terus meningkatkan kinerja dan pelayanan publiknya, serta menjadi contoh bagi instansi lainnya dalam hal penerapan standar pelayanan yang tinggi.